Pemantauan Kualitas Air

Pemantauan terhadap kualitas air sungai perlu dilakukan secara periodic dan berkesinambungan agar mutu air sungai dapat diketahui dan tetap terjaga dari resiko pencemaran yang dapat terjadi baik secara alami maupun akibat aktifitas masyarakat.

Kantor Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Ende melalui Laboratorium Lingkungan,  telah melakukan pemantauan kualitas air terhadap beberapa sungai yang ada di Kabupaten Ende, sesuai dengan tanggung jawab dan kewenangan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas dan Pengendalian Pencemaran Air.

Pemantauan Kualitas Air yang dilakukan meliputi pengukuran terhadap beberapa parameter mutu air dan menetapkan status mutu air untuk semua klasifikasi berdasarkan baku mutu air yang ditetapkan. Adapun penentuan parameter penting yang diukur tergantung dari jenis dan jumlah sumber pencemar yang ada di daerah sekitar sungai.

Laporan Pemantauan Kualitas Air ini disampaikan kepada Pemerintah dan Pemerintah Propinsi sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan dan informasi aktual mutu air yang ada, serta bahan masukan dalam pengendalian pencemaran air yang mungkin terjadi